-->

KONSEP PENELITIAN TINDAKAN KELAS

KONSEP PENELITIAN TINDAKAN KELAS

KONSEP PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Memahami konsep penelitian tindakan kelas (PTK) penting bagi kita sebelum melaksanakan penelitian. Bagaimana bisa anda melaksanakan penelitian tindakan kelas jika tidak tahu apa itu PTK? bagaimana langkah langkahnya?. 

Konsep penelitian tindakan kelas yang akan kami uraian pada hari ini meliputi pengertian PTK, Tujuan PTK, Prinsip dasar PTK, dan ciri poko PTK. Keempat uraian ini akan memberikan gambaran tentang apa itu PTK.

A. PENGERTIAN PTK

        Menginjak konsep penelitian tindakan kelas yang pertama, anda harus mengenal pengertian PTK darri beberapa pakar. Ada beberapa pengertian tentang penelitian tindakan kelas (PTK) . PTK merupakan bentuk kajian yang sistematis reflektif oleh pelaku yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan tindakan yang dilakukan itu serta memperbaiki kondisi dimana praktik pembelajaran dilakukan ( Depdiknas 2004:7)

      Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat reflektif artinya dalam proses penelitian guru sekaligus sebagai peneliti yang memikirkan apa dan mengapa suatu tindakan terjadi di kelas dari pemikiran itu kemudian guru mencari pemecahannya melalui tindakan tindakan tertentu (Suryanto dalam depdiknas 2004 : 7)

    Rapoport dalam Hopkins sebagaimana dikutip dalam Wiriatmaja, menjelaskan penelitian tindakan kelas untuk membantu seseorang dalam mengatasi secara praktis persoalan yang dihadapi dalam situasi darurat atau memaksa dan membantu pencapaian tujuan ilmu sosial dengan kerjasama dalam kerangka etika yang disepakati bersama (Wiriatmaja, 2005:12)

    Steven Kemmis dalam buku yang berjudul A teacher's Guide To Classroom research Bristol. PA, Open Univercity Press, 1993 sebagaimana dikutip dalam Depdikbud 1999/2000: 7 dinyatakan bahwa action research adalah "a form of self reflective inquiry undertaken by participant in a sosial (including educational) situation in order to improve the rationaly and justice of a) their own sosial or educational practices b) their understandingof these practices and c) the situation in which practices are carried out (Depdikbud 1999/2000: 7)
  
   Stephen Kemmis menjelaskan bahwa penelitian tindakan kelas adalah sebuah bentuk inquiry reflektif yang dilakukan secara kemitraan mengenai situasi sosial tertentu. Sedangkan Wiariatmaja mengatakan bahwa penelitian Tindakan Kelas adalah bagaimana sekelompokguru dalam mengorganisasikan kondisi praktik pembelajaran mereka dan belajar dari pengalaman mereka dalam praktik pembelajaran mereka. dan melihat pengaruh nyata dari Upaya itu ( Wiriatmaja, 2005: 13)

   Subiantoro Mnedefinisikan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK ialah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh guru yang sekaligus sebagai peneliti sejak disusun suatu perencanaan sampai penilaian terhadap tindakan yang dilakukan di dalam kelas yang berupa kegiatan belajar mengajar untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukan. 

  Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian reflektif yang bersiklus , yang dilakukan oleh guru atau dosen dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran (Ibrahim dkk, 2010:27)

    PTK merupakan salah satu cara untuk memperbaiki atau meningkatkan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar  di kelas dengan melihat berbagai indikator keberhasilan proses  dan hasil pembelajaran yang terjadi pada siswa.

   Secara singkat dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan kelas  (PTK) merupakan bentuk kajian yang sistematis reflektif yang dilakukan oleh pelaku tindakan (guru) dan dilakukan dalam rangka memperbaiki kondisi pembelajaran yang terjadi pada siswa.

B. Tujuan PTK 

Konsep penelitian tindakan kelas yang kedua adalah tujuan PTK. 
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) antara lain "

 1. Memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran secara berkesinambungan yang pada dasarnya melekat pada terlaksananya misi profesionalitas sebagai seorang pendidik.
 2.  menumbuhkan budaya meneliti di kalangan pendidik dengan memberikan kesempatan kepada guru dan dosen untuk melakukan pengkajian terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukannya.
 3. meningkatkan kolaborasi antar sesama guru dalam memecahkan masalah pembelajaran.


C. Prinsip Dasar PTK 

konsep penelitian tindakan kelas yang ketiga adalah prinsip dasar PTK.Prinsip dasar dari Penelitian tindakan kelas antara lain sebagai berikut
1. Tugas guru yang utama adalah menyelenggarakan pembelajaran yang baik dan berkualitas. Untuk itu guru harus mempunyai komitmen untuk menyelenggarakan dan mengupayakan perbaikan pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara terus menerus. prinsip ini berimplikasi pada sifat penelitian tindakan kelas sebagai suatu upaya yang berkelanjutan secara siklustis sampai terjadinya peningkatan,perbaikan proses dan hasil belajar siswa.

2. meneliti merupakan bagian kesatuan atau integralitas dari pembelajaran yang tidak menuntuk ke Khususan waktu maupun metode pengumpulan data.

3. Kegiatan meneliti yang merupakan bagian integral dari pembelajaran harus diselenggarakan tetap bersandar pada alur dan kaidah ilmiah.

4. Masalah yang diteliti adalah masalah masalah pembelajaran yang riil terjadi di kelas. yang berisfat merisaukan yang menjadi tugas pokok dan fungsi guru.

5. konsistensi sikap dan kepedulian dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran sangat diperlukan.

6. Cakupan permasalahan pada PTK adalah masalah masalah yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi guru dalam melaksanakan pembelajaran.


D. Ciri Pokok Penelitian Tindakan Kelas


1. Reflektif inquiry

    Penelitian Tindakan Kelas berangkat dari permasalahan pembelajaran riil yng sehari hari dihadapi oleh guru dan murid. jadi kegiatan penelitian didasarkan pada pelaksanaan tugas dan pengambilan tindakan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapi. Tujuan dari diadakannya penelitian tindakan kelas bukan untuk menemukan pengetahuan baru yang diberlakukan secara meluas akan tetapi adalah untuk memperbaiki praktis secara langsung disini dan sekarang. 

2.  Kolaboratif
    Upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran tidak dapat dilakukan sendiri oleh guru, tetapi harus berkolaboratif dengan guru yang lain. Penelitian tindakan kelas merupakan upaya bersama dari berbagai pihak untuk mewujudkan perbaikan yang diinginkan. Kegiatan kolaborasi harus nyata dalam keseluruhan proses perencanaan dan pelaksanaan penelitian tindakan kelas tersebut sampai juga pada penyusunan laporan penelitian tindakan kelas.

3. Reflektif
    Penelitian tindakan kelas memiliki ciri khusus yaitu sikap reflektif yang berkelanjutan . Penelitian tindakan kelas lebih menekankan proses reflektif terhadap hasil dan proses pembelajaran secara terus menerus untuk mendapatkan gambaran kemajuan peningkatan dan sebagainya sebagai dampak dari perlakuan atau tindakan.

Demikian Konsep penelitian tindakan kelas yang dapat kami bagi, Jika ada kesalahan silahkan berkomentar secara santun. terimakasih.





LihatTutupKomentar