-->

KESALAHAN DALAM PEMBUATAN PTK

KESALAHAN DALAM PEMBUATAN PTK

Berdasarkan paparan atau refleksi dari tim penilai angka kredit sub unsur publikasi ilmiah ternyata didapati berbagai kesalahan kelasalahan yang dilakukan oleh guru selaku pengusul publikasi ilmiah baik itu dalam pembuatan PTK, artikel tinjauan ilmiah,  modul atau diktat dan inovasi pembelajaran. 
berikut ulasannya. 



1. PTK 
       PTK YANG DIBUAT KURANG BERVARIASI
      Kecenderungan guru melakukan modifikasi dari PTK teman guru yang lain membuat PTK yang sebagian besar diajukan dalam penilaian angka kredit menjadi kurang bervariasi.
      Selain faktor itu masih minimnya guru tentang pengetahuan model model pembelajaran sehingga tahunya yaitu itu saja. Seperti contohnya model pembelajaran jigsaw, STAD, RME, TAI, TPS. Kelihatan guru seakan kurang inovasi dalam melakukan penerapan model pembelajaran
      
     Solusi, perbanyak belajar model model pembelajaran, Strategi pembelajaran, teknik pembelajaran dan jika mampu ciptakan sendiri metode pembelajaran yang memang dapat mengatasi permasalahan hasil belajar dan aktivitas siswa atau permasalahan yang lain terkait pembelajaran. untuk belajar model model pembelajaran bisa baca di sini

       SEBAGIAN PTK YANG DIRAGUKAN KEASLIANNYA

     sebagian besar guru membuat PTK bukan berdasarkan masalah yang ada disekolah masing masing tapi demi tercapainya pembuatan PTK dengan jalan cepat maka terjadilah plagiarisme atau mencontek PTK guru yang lain. Hal tersebut mebuat PTK diragukan keasliannya.
     Cara cek keaslian PTK mudah antara lain.
     1. Kesamaan Judul PTK dengan PTK guru lain
     2. masih ada bekas bekas file yang tidak sempurna di edit seperti nama sekolah dll
     3. Tidak sinkronnya Kajian pustaka pada Bab II  dengan daftar pustaka baik terkait penulisan tahun dsb
     4. kelengkapan PTK kurang banyak.
     5. Ketidak sesuaian PTK dengan lampiran lampirannya seperti judul PTK menyangkut pembelajaran Jigsaw akan tetapi RPP yang dibuat tidak mencerminkan langkah langkah pembelajaran jigsaw.

      Saran : Buat PTK sendiri, cari literasi sendiri, dan hasilnya membanggakan.

    SEBAGIAN PENELITI KURANG CERMAT SEHINGGA ADA LAMPIRAN PENTING YANG TIDAK DISERTAKAN
      biasanya lupa akan tetapi jika lampiran kurang sedikit biasanya Tim penilai masih bisa memberikan keterangan revisi. Akan tetapi jika kurang banyak maka biasanya penilai PTK menganggap ini bukan karya asli penulis PTK.


       ADA PTK YANG ASAL-ASALAN

     ini biasanya hasil Copy paste dari internet. heee ini yang sering terjadi.
     Saran : jangan malas membuat PTK . PTK pada hakikatnya kan untuk memperbaiki kualitas kita sebagai tenaga profesional, memperbaiki pembelajaran, memperbaiki pelayanan kita terhadap anak didik, so ayo berjuang dengan sungguh sungguh.

MODUL DAN DIKTAT 

Hasil refleksi dari kesalahan kesalaha  dalam pembuatan modul atau diktat antara lain

       GURU BELUM BISA MEMBEDAKAN MODUL DAN DIKTAT
       MODUL DAN DIKTAT YANG DIBUAT BELUM SESUAI DENGAN SISTEMATIKA
       MODUL DAN DIKTAT YANG DINILAIKAN BELUM LENGKAP UNSUR-UNSURNYA

ALAT PERAGA
Kesalahan kesalahan yang dibuat dalam pembuatan alat peraga antara lain:

       ALAT PERAGA YANG BISA DINILAI ADALAH ALAT PERAGA YANG LEBIH TAHAN LAMA SEHINGGA DAPAT DIGUNAKAN BERULANG-ULANG
       LAPORAN ALAT PERAGA BELUM SESUAI SISTEMATIKA
       ALAT PERAGA HANYA MENIRU YANG SUDAH ADA TANPA MEMODIFIKASI


Demikian artikel macam macam kesalahan dalam pembuatan penelitian dan karya tulis ilmiah 
lainnya. 
Semoga dengan memahami kesalahan kesalahan, kita bisa memperbaikinya.


LihatTutupKomentar