-->

CONTOH RPP PTK RME MATEMATIKA

CONTOH RPP PTK RME MATEMATIKA



Hari ini kita akan berbagi bagaimana  membuat RPP yang sesuai dengan model pembelajaran RME. RPP ini tentunya di peruntukan untuk pembuatan PTK. Membuat Rencana pelaksanaan pembelajaran memang bukan pekerjaan yang mudah apa lagi rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP ini akan digunakan sebagai instrumen penelitian seperti PTK. Langkah langkah pembuatan RPP harus sesuai dengan langkah langkah pakem dari model yang akan diterapkan. Jika kita membuat RPP yang asal asalan maka sudah barang tentu PTK yang kita buat juga di bilang asal asalan oleh tim penilai PTK. 

Oke kita lihat dulu langkah langkah pembuatan RPP
1. Tuliskan lah Identitas RPP yang isinya Tuliskanlah identitas satuan pembelajaran atau sekolah dan     jenjang sekolah, Tuliskan nama pelajaran, Materi Pokok, kelas, semester dan alokasi waktu (               berapa   jam pelajaran yang dimuat dalam perencanaan)
2. Tuliskan Standar kompetensi dan Kompetensi dasar
     Lihat saja pada standar isi atau silabus yang kamu punya
3  Tuliskan Indikator yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
    cara menulis indikator berdasarkan rambu rambu
a)      Kata kerja operasional yang memuat ABCD atau Audien, behavior, Condition, Degree
b)      Kembangkan KD kedalam indikator indikator. baik itu indikator jembatan maupun indikator kunci
c)      Gunakan Prinsip pengembangan indikator yaitu prinsip UKRK (Urgensi, Kontinuitas, Relevansi dan  Kontekstual. Urgensi menyangkut indikator vital atau kunci penting dan harus ada, Kontinuitas artinya merupakan keanjutan dari indikator yang lain sehingga bukan merupakan indikator yang terpisah,  relevansi artinya relevan tidak dengan kondisi yang ada, kontekstual artinya harus diupayakan menuju  ke pengukuran masalah nyata dalam kehidupan sehari hari
d)     harus dapat mengukur 3 aspek, yaitu koknitif, afektif serta Psikomotorik.

4. Tuliskan Materi pembelajaran 
Ini berisi garis besar materi yang akan diajarkan, Semua materi  yang akan di lakukan dalam pembelajaran      harus tercakup dalam materi Materi yang disusun harus memenuhi asas kemanfaatan, kesesuaian dengan      kurikulum, kesesuain dengan cakupan alokasi waktu.

 5.  Tujuan Pembelajaran.
 6.   Model atau metode pembelajaran.
      dalam hal ini yang akan di contohkan adalah model pembelajaran RME
 7.  Langkah langkah Pembelajaran
harus di rinci jelas langkah demi langkahnya. disertai dengan pembagian waktu  pelaksanaannya.
 8.  Alat dan Bahan serta Media pembelajaran
 9.  Sumber Belajar
 10. Penilaian Pembelajaran. 

Sekarang perhatikan contoh RPP yang menerapkan model pembelajaran RME berikut ini.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                            : SMP Negeri 3 Godong
Mata Pelajaran                 : Matematika
Kelas / Semester              : Delapan / Ganjil
Alokasi Waktu                : 4 Jam Pelajaran ( 4 x 40 menit )
                                          ( 2 x pertemuan )
==========================================================

A.                Standar Kompetensi
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya.

B.                 Kompetensi Dasar
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan  tabung dan kerucut .

C.                Indikator
-       Dapat menentukan rumus luas sisi dan volume tabung serta menggunakan untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan tabung .
-       Dapat menentukan rumus luas sisi dan volume kerucut serta menggunakan untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kerucut .

D.                Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
-        menentukan rumus luas sisi dan volume tabung serta menggunakan untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan tabung
-       menentukan rumus luas sisi dan volume kerucut serta menggunakan untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kerucut.

E.                 Materi Ajar
Menggunakan rumus luas selimut dan volume untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan  tabung dan kerucut .

F.                 Metode Pembelajaran
1.      Metode                              : Ceramah, Tanya jawab.
2. Model Pembelajaran           : Realistics Mathematig Education  (RME)

G.                Langkah – Langkah  :
Pertemuan ke-1

No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
a.       Guru member salam dan memeriksa kebersihan ruang belajar.
b.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari materi ini.
c.       Guru membentuk kelompok untuk melakukan diskusi.


10 menit

Ceramah
2.
Kegiatan Inti  :
a.       Eksplorasi
Guru membimbing setiap kelompok belajar mendiskusikan tentang tugas kelompoknya.
Dengan berdialog, guru memberikan contoh tentang  menggunakan rumus luas selimut dan volume untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung dan  kerucut .
b.      Elaborasi
1.      Dengan berdiskusi bersama teman yang lain  menggunakan rumus luas dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung
2.      Siswa diminta mendiskusikan menggunakan rumus luas  memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung .
3.      Siswa dapat menjelaskan  menggunakan rumus luas untuk memecahkan  masalah yang berkaitan dengan tabung.
4.      Siswa menerapkan   menggunakan rumus luas untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan  kerucut  dan menyelesaikan soal yang diberikan guru.
c.       Konfirmasi
1.      Guru melakukan evaluasi proses terhadap kegiatan siswa tentang  menggunakan rumus luas untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung
2.      Siswa mengerjakan latihan soal yang terdapat pada buku sumber dari buku materi matematika IX SMP KTSP.


60 menit


Ceramah


Diskusi kelompok






Diskusi kelompok




3.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi tentang hasil diskusi.
3.      Guru memberikan tugas ( PR ).

10 menit
Ceramah

2.      Pertemuan kedua  :
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
a.       Guru member salam dan memeriksa kebersihan ruang belajar.
b.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari materi ini.
c.       Guru meminta siswa untuk persiapan mengikuti evaluasi.


10 menit

Ceramah
2.
Kegiatan Inti  :
a.       Konfirmasi
1.      Guru melakukan evaluasi proses terhadap kegiatan siswa tentang  menggunakan rumus luas sisi  kerucut 
2.      Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru dengan baik dan tertib.


60 menit


tes

3.
Penutup
1.      Siswa dan guru melakukan refleksi tentang hasil evaluasi.
2.      Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hasil evaluasi apabila masih memperoleh nilai di bawah KKM akan diadakan remidi).

10 menit
Ceramah



H.                Alat dan Sumber Belajar
Sumber Belajar  :   Buku teks, Buku Referensi, buku LKS dan alat penunjang lain.

                                                            Karangrayung, 6 September 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                   Guru Mata pelajaran

Sri Mulyani, S.Pd, M.Pd                     Nurmachfudh Zayni, S.Pd

NIP. 19650504 198703 2 008            NIP. 19711018 199802 1 002

     
 Demikian Materi tentang RPP dengan menerapkan model pembelajaran RME. Semoga bermanfaat.






LihatTutupKomentar